Senin, 09 November 2015

Mapala USN Kolaka Hadiri TWKM Mapala Se-Indonesia XXVII Di Mapalaska Karawang

Pembuakan TWKM XXVII
Karawang, (9/11) - Mahasiswa Pecinta Alam Tingkat Perguruan Tinggi Se Indonesia berkumpul untuk menghadiri pembukaan kegiatan Temu Wicara dan Kenal Medan atau TWKM pada Jam 08.00 WIB dengan Tema "Revitalisasi dan Dedikasi Mapala Se-Indonesia terhadap kehancuran alam" di Mapalaska, aula kampus Universitas Singaperbangsa.

Tujuan kegiatan ini adalah menumbuhkan kesadaran sikap kritis dan meningkatkan peran serta mahasiswa pecinta alam terhadap permasalahan lingkungan, Meningkatkan wawasan dibidang kepecintaalaman, Melakukan kegiatan yang mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Menambahkan persatuan, kesatuan dengan persaudaraan antar mahasiswa pecinta alam sebagai implementasi dari kode etik pecinta alam indonesia dan memberikan solusi yang nyata bagi permasalahan organisasi Mapala, Masyarakat dan Bangsa.

Peserta yang hadir semalam sudah mencapai 350 an lebih untuk mengikuti Pelaksanaan kegiatan TWKM yang di mulai dari tanggal 9 - 15 November 2015, dengan dibagi beberapa kegiatan yaitu:

1. Forum Sidang Temu Wicara merupakan ajang pertemuan untuk membahas Isu strategis tentang persoalan lingkungan hidup dan perumusan solusi oleh para anggota sidang yang akan di selenggarakan pada tanggal 10 - 13 November 2015 di kabupaten purwakarta.

2. Kegiatan lapangan di selenggarakan pada tanggal 10 - 13 November 2015 dibagi beberapa divisi:
a. Gunung Hutan akan berlokasi di Gunung Sangga Buana, Desa Mekar Buana - Kabupaten Karawang
b. Penulusuran Goa dengan bertujuan melindungi kawasan karst yang berlokasi di wilayah kecamatan Pangkalan.
c. Materi Panjat Tebing dan Veretical Rescue akan dilaksanakan di Tebing Rungking, Desa Cidoro - Kabupaten Karawang.
D. Tehnik sampling dan penanggulangan kerusakan lingkungan hidup yang akan diselenggarakan di pantai pakis jaya dan sungai citarum.

3.Study Tour untuk para peserta TWKM akan di laksanakan pada tanggal 14 November 2015 dengan bertujuan mengenalkan wisata daerah seperti Mesjid Agung, Candi Jiwa, Rumah Pengasingan Bung Karno dan Perum Peruri.

Ketua umum Mapala USN Kolaka Hasrawati yang akrap disapa Pacet Rimba itu Menambahkan dirinya sangat bangga dan bersyukur bisa ikut ambil bagian dalam kegiatan akbar tahunan temu wicara kenal medan ini pasalnya suda  dua tahun terakhir Mapala usn ketinggal dengan momen penting ini yang dikerenakan surat terlambat masuk bahkan tidak ada sama sekali dari Pusat Informasi daerah (PID) Sulawesi Tenggara sehingga kami tidak berkesempatan hadir, bahkan dikegiatan ini saja kami langsung berkomunikasi dengan panitia pelaksana sehingga suratnya datang lebih awal hingga sampai kami berangkat tidak ada surat yang datang dari PID Sultra perihal kegiatan TWKM ini. Mapala USN kali ini Mengirim tiga personil diantaranya saudara Resa Suprianto (Peta) di Divisi Caving, Sudirman (Kus-kus), di Divisi Gunung Hutan, dan saya sendiri sebagai ketua wajib di Temu wicaranya., ungkapnya.


Sumber: Heri Qwoy(Mapalaska)/Thuo Mapala USN 

Tidak ada komentar: