Jumat, 19 Agustus 2016

Sukses Mengibarkan Merah Putih di Pulau Padamarang




upacara di  laut dan pembentangan bendera 30 meter
Bendera merah putih berhasil dikibarkan oleh ratusan Pemuda dari berbagai kelompok, kegiatan ini dilaksanakan untuk memperigati hari proklamasi kemerdekaan republik indonesia ke 71 di pulau padamarang tepat pada tanggal 17 agustus 2016 kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Mahasiswa pecinta alam (Mapala) Universitas sembilanbelas november Kolaka dengan dewan pimpinan daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI Kolaka) .


Pengibaran di dasar laut 
Ketua Mapala USN Kolaka bernama Lama, menjelaskan, kegiatan ini melibatkan banyak pemuda guna menumbuhkan rasa naisonalisme kepada seluruh peserta kegiatan. “Kalau pesertanya hampir dari seluruhnya kelompok pecinta alam yang datang dari dari berbagai wilayah bukan hanya dari kolaka saja bahkan dari luar sulawesi, kecuali tingkat SMA, Organisasi Mahasiswa Internal USN hingga organisasi kepemudaan lainnya. Kolaka Diving Club, Syabandar dan masyarakat yang terlibat dalam kegitan ini,” katanya.

Ketua DPD KNPI Kolaka Akbar Dili juga mengatakan jika upacara dilapangan terbuka sudah menjadi tradisi turun temurun. Tapi kali ini, dengan upacara dipesisir pantai dan dasar laut adalah kebanggan tersendiri bagi pemuda Kolaka. “Selain kewajiban kami sebagai pemuda untuk mengisi hari kemerdekaan ini, kami juga sekaligus mengajak pemuda untuk mengenal pulau Padamarang sebagai destinasi wisata bahari, agar mereka cinta dan bangga dengan tanah kelahirannya.cetusnya.
 
Pembina Mapala USN Selaku inspektur Upacara
Inspektur upacara Rektor USN yang diwakili oleh dewan pembina Mapala USN Ashari Arifin dalam sambutannya mengatakan kebanggaannya kepada mahasiswanya yang tergabung pada oranisasi yang bersifat mendidik yang melatih dan mengajarkan kita akan pentingnya melanjutkan dan mengisi perjuangan para pendahulu karena ditangan pemudalah keutuhan bangsa ini akan terjaga karena jika kita rakyat indonesia tidak bangga dengan bangsa kita maka jangan heran kalau negara kita akan dikuasai oleh para penjajah nantinya.   

Ketua DPD KNPI Kolaka melakukan Penanaman Pohon

Koordinator stering sekaligus Ketua Komisi Lingkungan Hidup dan Bencana Alam DPD KNPI Kolaka, Hastu mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk rasa nasionalisme dan patriotisme dari Pemuda dalam memperingati hari proklamasi tahun ini. Menurut dia, selain pengibaran bendera, juga dilaksanakan penanaman pohon penghijauan di pesisir pantai yang terlihat kritis dan aksi bersih pantai. “Untuk pengibaran bendera kita melaksanakannya di dua tempat yakni upacara di dasar laut dilaksanakan oleh Kolaka Diving Club, sementara untuk diatas pantai, diikuti oleh para peserta lainya yang tidak ikut dalam penyelaman,Kegiatan Kibar Merah Putih ini sendiri berlangsung dari tanggal 17 hingga 18 Agustus 2016. upacara tersebut juga di bentangkan Bendera Merah Putih sepanjang 27 meter, yang diarak oleh peserta upacara,” kata Hastu.

Aksi Bersih pantai
Ketua Panitia Amiruddin mengungkapkan ucapan terima kasih atas keterlibatan banyak pihak dalam kegiatan Kibar Merah Putih ini, terutama kepada Ketua DPD KNPI Kolaka yang menerima tawaran kami untuk bekerjasama dalam memperingati hari paling bersejarah di republik ini, Ayahanda Rektor USN Kolaka dan seluruh civitas akademik, Pemda Kolaka, Kejaksaan Negeri Kolaka, Dandim 1412 Kolaka, Polres Kolaka, BKSDA Kolaka, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Sosial, Dinas Kehutanan, BPBD Kab. Kolaka, Perum Bulog Kolaka, Insan Pers dan Basarnas Kolaka,  BS Paperta, Bocah  Belantara Outbond, Garis selebes dan pihak lain yang tidak tersebut, karena berkat dukungan dan partisipasinya sehingga kegiatan ini berjalan sukses dan lancar,”tutupnya.

Tidak ada komentar: