Selasa, 23 Agustus 2016

AKPER KOLAKA AKAN SATU KAMPUS DENGAN USN



Kampus Akper Pemda Kolaka
Komisi III DPRD Kolaka menggelar Rapat Dengar Pendapat bersama pihak Universitas Sembilan Belas November (USN) Kolaka, Akademi Perawat Kolaka, dan Dinas Pendidikan dan Olah Raga, Selasa (23/08/2016).

Rapat yang dipimpin Ketua Komisi III, Ajib Madjid mengagendakan rencana penggabungan (Merger) Akademi Perawat Pemda Kolaka ke Perguruan Tinggi Negeri USN, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah yang melarang pemerintah daerah mengelola sekolah sendiri, kecuali SD dan SMP.


Terkait rencana itu, Rektor USN, Dr. Azhari mengaku pihaknya menyambut baik.

"Kami (pihak USN) menyambut baik rencana merger. Bahkan, kalau benar-benar Akper nantinya ditetapkan menggabung, tentu USN akan segera memproses mengusulkan pembukaan Diploma Keperawatan," terang Azhari.

Mengenai kampus perkuliahan mahasiswa Akper, kata Azhari, akan menempati kampus lama USN.

"Mahasiswa USN yang sekarang akan dipindahkan ke kampus baru di Tanggetada," katanya.

Sikap Azhari yang menyambut baik merger Akper mendapat apresiasi AJib Madjid.

"Kami tentu sangat mengapresiasi pak Rektor USN yang mau menerima merger USN. Ini pikiran yang brilian untuk kemajuan pendidikan di daerah kita ini," ujar Ajib ditemui usai rapat.

Mengenai aset Akper, lanjut legislator PAN ini, secara teknis pihak legislatif menyerahkan kepada Pemda Kolaka untuk melakukan langkah terbaik.

"Kalau soal aset Akper, nanti akan dibahas tersendiri bersama Pemda Kolaka bersama USN. Prinsipnya DPRD akan mendukung yang terbaik," kata Ajib.

Dalam rapat itu, sempat muncul tiga opsi Akper merger kemana. Yaitu gabung USN, Universitas Terbuka Kendari atau Poltekes.

"Tapi dari berbagai pertimbangan, tampaknya lebih cenderung ke USN karena juga berada di Kolaka sehingga memudahkan koordinasi. Dan, kalau prosesnya lancar, harapannya tahun 2017 sudah bisa resmi merger," tandas Ajib. (HS2)

Sumber                : Sultrakini.Com

Tidak ada komentar: