Sabtu, 15 Oktober 2016

Empat Kabupeten akan diramaikan oleh Mapala Se Indonesia




Logo TWKM XXVIII Mapala UMI Makasar
Temu Wicara Kenal Medan (TWKM) merupakan kegiatan pertemuan akbar antar Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) tingkat universitas se indonesia. Agenda rutin yang dilaksanakan tiap setahun sekali ini dilaksanakan untuk mempertemukan antar anggota Mapala se-Nusantara baik itu dari perguruan tinggi negeri maupun swasta. TWKM sendiri merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan dalam satu waktu yakni temu wicara dan kenal medan.


Temu wicara (TW) merupakan pertemuan yang diikuti oleh setiap anggota Mapala untuk melakukan pembahasan dan pemecahan masalah yang sudah, sedang dan akan terjadi terkait dengan permasalahan lingkungan hidup. Temu wicara sendiri berlangsung mirip seperti sebuah kongres, mukhtamar atau siding. Hal ini dikarenakan pertemuan tersebut membahas tentang organisasi, alam dan lingkungan.
Sedangkan kenal medan (KM) adalah kegiatan berbentuk pengenalan alam sekitar oleh organisasi kepencinta alaman sebagai penyelenggara. Bentuk kegiatannya seperti jelajah hutan rimba, pendakian gunung (mountainering), penyelusuran gua (caving), pemanjatan tebing (rock climbing), penyelaman (diving), dan arung jeram (rafting).

Pada TWKM ke-28, Mapala Umi sebagai tuan rumah. Terpilihnya Mapala Umi bukan hanya sebatas asal memilih saja, akan tetapi persiapan yang matang memang telah direncanakan oleh segenap anggota dan pengurus Mapala Umi. Terbukti pada pemilihan tuan rumah TWKM ke-28 pada 09 November 2015 saat TWKM ke-27 di Karawang, Mapala Umi berhasil mengantongi 136 suara.

Untuk item kegiatan, akan ada sekitar lima agenda. Seperti Mountenaring di Pegunungan Latimojong  Kabupaten Enrekang,  Rock Climbing-Tebing Layar dan Caving di Gua Salukang Kallang Kabupaten Maros, Diving di Pulau Kodingareng Keke Kota Makassar Makassar dan Rafting di Sungai Rongkong Kabupaten Luwu Utara  

"Itu untuk kenal medan. Sedangkan untuk temu wicara kami rencanakan di kabupaten Bantaeng. Sedankan pembukaan dan penutupan akan dilakukan di Kampus Universitas Muslim Makassar.

Tidak ada komentar: