Minggu, 29 Desember 2013

KNPI Baklin di HKSN
--- Tanam Ribuan Pohon
Kolaka, KoP
    Komisi Pertambangan dan Lingkngan Hidup DPD KNPI kabupaten Kolaka melaksanakan kegiatan Bakti Lingkungan (baklin) di kelurahan HKSN kecamatan Latambaga, bekerja sama Mapala USN Kolaka dengan melibatkan siswa SMKN 1 Kolaka, SMA 1 Kolaka, MAN Kolaka serta KPA Wanapal Sultra, Minggu (29/12).
    Kegiatan yang melibatkan 100 orang peserta dihadiri oleh ketua DPD KNPI Kolaka Anis Pamma serta DPP KNPI Sucianti turut mengambil bagian melakukan penanaman bersama pelajar, mahasiswa dan kelompok pecinta alam. Kegiatan tersebut berhasil menanaman 1500 pohon yang terdiri dari 500 pohon mahoni, 500 trambesit dan 500 pohon jati.
    Anis Pamma kepada Kolaka Pos mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin DPD KPNI Kolaka yang tercantum dalam program kerja organisasi. "Dengan tujuan untuk mengurangi dampak pemanasan global di Kolaka, serta memperlihatkan kepada masyarakat arti pentingnya kelestarian untuk cakupan air bersih. Karena salah satu isu global selain dari pemanasan adalah krisis air bersih, sebab kurangnya resapan-resapan dari tanaman," ungkapnya.
    Dia berharapan, agar masyarakat Kolaka mampu menjaga dan melestarikan lingkungan yang ada di Wonua Sorume. "Semoga masyarakat ikut menjaga dan merawat pohon yang ditanam agar tercapainya tujuan yang sama, karena pohon sangat banyak fungsinya selain mengurangi pemanasan global, krisis air bersih, juga menjaga udara tetap bersih dan sejuk. Olehnya itu, menanam pohon merupakan tanggung jawab sosial bersama untuk generasi yang akan datang," harapnya.
    Sementara itu pengurus DPP KNPI Sucianti mengatakan bahwa, pengalaman sebelumnya hampir seluruh daratan yang ada di Sulawesi Tenggara terkena banjir, akibat dari penggundulan hutan yang disebabkan oleh aktivitas pertambangan, sementara tidak dilakukan peremajaan terhadap lahan yang telah digunakan. "Karena itu kita terpanggil bagaimana caranya semua tergerak, bagaimana caranya agar bisa melakukan penanaman minimal satu orang satu pohon. Kalau misalkan penduduk Kolaka 250 ribu ya dengan 250 ribu pohon yang kita tanam di Kolaka Insya Allah tidak akan lagi terjadi bencana seperti kemarin seperti banjir yang juga dirasakan di Kolaka, kalau pun terjadi tidak akan seperti kemarin," ungkapnya.
    Penanaman pohon kata dia, seharusnya tidak hanya dilakukan di Kolaka, tetapi juga pada daerah yang hutannya sudah tergerus oleh ilegal loging dan pertambangan.
"Secara global Indonesia meruapakan paruh-paruh dunia, kalau Indonesia tidak mampu menjaga hutan dan melestarikan lingkungan maka bumi ini akan terancam, dengan adanya kegiatan penanaman yang rutin dilakukan di Kolaka ini, saya sangat megapresiasi dan bangga kepada mahasiswa pelajar dan kelompok
pemuda yang begitu peduli terhadap lingkungan dan mudah-mudahan kegiatan seperti ini terus berkelanjutan demi Kolaka yang hijau," tutupnya (Muzakkir/KoP
)

Tidak ada komentar: